Tips Meminta Bantuan Kepada Polisi dan Instansi Lainnya


Rasa aman dan nyaman merupakan dambaan bagi setiap pengguna jalan yang memiliki mobilitas tinggi di Ibukota DKI Jakarta, tips bagi saudara yang akan bepergian catatlah nomor telepon penting sepanjang route yang akan dilintasi. Hal ini untuk memudahkan meminta bantuan apabila terjadi atau melihat tindak kejahatan maupun kecelakaan.

Sebagai contoh apabila saudara bertempat tinggal di Pondok Indah dan bekerja di kawasan Mega Kuningan melalui rute : Jl. Arteri Pondok Indah – Radio Dalam – Sudirman – Gatot Subroto – Rasuna Said. Maka saudara sebaiknya mencatat di phone book saudara, nomor emergengy call 112, no telepon TMC Polda Metro 5276001, nomor telepon Polres Jakarta Selatan, Polsek Kebayoran Lama, Polsek Kebayoran Baru, Pos Polisi Senayan, Polsek Setiabudi, RS. Pondok Indah, RS. Pusat Pertamina, RS. Jakarta, RS. Medistra dan no telepon Pos Polisi (Pospol) termasuk nomor telepon Instansi lainnya sepanjang rute yang dilewati, sehingga apabila saudara membutuhkan bantuan terdapat beberapa alternative no telepon yang bisa dihubungi untuk dimintai bantuannya.

Langkah langkah apabila saudara menelepon untuk meminta bantuan:
A. Hubungi nomor telepon yang akan di tuju, apabila sulit terhubung segera menghubungi nomor telepon alternatif lainnya
B. Memberikan identitas saudara (nama dan nomor Handphone) karena akan memudahkan Petugas menghubungi saudara kembali apabila telepon saudara terputus karena gangguan sinyal maupun pulsa saudara tidak mencukupi sehingga terputus.
C. Tetap tenang jangan gugup dalam memberikan informasi.
D. Memberikan keterangan yang jelas kepada Petugas mengenai lokasi kejadian.
E. Catat nama petugas yang menerima telepon saudara.

Contohnya: Selamat malam Pak, saya Budi nomor telepon 08712345678 melaporkan telah terjadi perampokan menggunakan senjata api kepada pengemudi kendaraan sedan di Jl. Warung Buncit Raya tepatnya di depan kantor Imigrasi, perampok berjumlah dua orang melarikan diri ke arah Mampang menggunakan kendaraan sepeda motor warna hitam (sebisa mungkin mencatat nomor polisi dan jenisnya) korban saat ini terkena luka tembak.

Kemudian apabila terjadi kecelakaan lalu lintas, sebisa mungkin saudara memberikan informasi lokasi kejadiannya , apakah terjadi di ruas tol atau di jalan arteri. Informasi ini sangat membantu petugas untuk mendatangi lokasi kecelakaan.

Laporan seperti diatas akan memudahkan Petugas Kepolisian melakukan tindakan pengejaran terhadap tersangka dan mengantisipasi jatuhnya korban lain karena tersangka membawa senjata api dan juga Petugas Kepolisian akan segera mendatangkan Ambulance.
Berikut ini nomor telepon penting wilayah DKI Jakarta dan Sekitarnya :
Share this video :

Post a Comment

 
Copyright © 2011 - 2013
Tabloid Info POLISI - Gamblang dan Berimbang
Created by Redaktur Info Polisi
Powered by Blogger